SOSIALISASI PENINGKATAN KESADARAN TERHADAP PENTINGNYA IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) RUMAH TINGGAL

Irma Puspa | 16 Oktober 2020 23:05:55 | Berita Desa | 12 Kali

Sosialisasi Peningkatan Kesadaran terhadap Pentingnya Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Rumah Tinggal di Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung, Kegiatan ini dihadiri Oleh Para Ketua Rukun Warga (RW) Se Wilayah Desa Mekarmaju dengan Narasumber dari Kecamatan Pasirjambu yang dipimpin Oleh Sekertaris Camat Pasirjambu

Nah Wargi Mekarmaju Apa sih IMB itu ?

IMB atau kepanjangan dari Izin Mendirikan Bangunan adalah surat izin yang dikeluarkan oleh pemerintah atau pihak lembaga terkait, yang menyatakan bahwa pemilik bangunan telah melaporkan dan diizinkan, mendirikan bangunan sesuai dengan fungsi dan desain yang telah ditetapkan secara teknis dalam perencanaan.

Landasan hukum yang mengatur pemberian izin bangunan diatur dalam Undang-Undang nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung dan Undang-Undang nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, serta diperkuat dengan adanya Peraturan Presiden RI No. 36 Tahun 2005 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pelaksanaan Pembangunan Untuk Kepentingan Umum.

Terkait dengan pajak bumi dan bangunan untuk perorangan maupun badan hukum, yang memiliki kewajiban membayarkan pajak atas bangunannya sesuai besaran yang telah ditentukan.Dianjurkan untuk dapat melakukan permohonan pengajuan pembuatan IMB disaat akan mendirikan bangunan agar memiliki legalitas yang sah dari pemerintah dan memiliki dasar hukum yang jelas.

Apa Manfaat IMB

Setiap aturan yang dibuat oleh Pemerintah pastilah memiliki tujuan dan manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat, berikut adalah manfaat pembuatan IMB yang akan diterima.

  • Memberikan perlindungan hukum atas tanah dan bangunan yang Anda miliki, dari usaha-usaha yang mengancam kepemilikan tanah dan bangunan Anda atau terjadi sengketa yang melibatkan batas kepemilikan tanah.
  • Akan mendapatkan pengakuan secara hukum dan negara tentang kepemilikan tanah dan bangunan sesuai dokumen IMB yang Anda miliki.
  • Memiliki legalisasi dan kepercayaan pihak lain, jika suatu ketika Anda akan menjual tanah beserta bangunan tersebut kepihak lain.
  • Memiliki nilai tambah investasi dimata perbankan atau lembaga penjamin aset lainnya berupa bangunan dan tanah yang terlegalisasi.
  • Meminimalisir perselisihan-perselisihan yang akan muncul kemudian hari mengenai batas-batas tanah dan sejarah kepemilikannya.

Nah Wargi Mekarmaju ternyata banyak sekali manfaatnya ya, maka pada masa sekarang ini sangatlah penting bagi masyarakat untuk segera membuat IMB bangunan agar tidak terjadi perselisihan dikemudian hari.

nah setelah Kegiatan Sosialisasi ini dilaksanakan diharapkan kepada Bapak ketua RW dapat menyampaikan kembali Informasi ini kepada Masyarakat di wilayahnya apabila ada warganya yang ingin Membuat IMB..

 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Back Next

LAGU MEKARMAJU

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Info Media Sosial